Besok Kontingen Antar Negara Tiba

April 17, 2007

Besok, Kontingen Antar-Negara Tiba di Pekanbaru               
RIAU POST, 17 April 2007 Pukul 10:58
 
PEKANBARU (RP) – Menjelang pelaksanaan ‘’Pertemuan Pemartabatan Tamadun Melayu Serumpun’’ pada Kamis-Ahad (19-22/4), beberapa negara dipastikan ikut ambil bagian, disamping beberapa provinsi yang juga akan mengirimkan perwakilan. Dijadwalkan, Rabu (18/4) sebagian besar peserta acara sudah tiba di Pekanbaru.
 
Hal tersebut diungkapkan sekretaris Pertemuan Pemartabatan Tamadun Melayu Serumpun, Muhammad Hasbi yang juga merangkap sebagai Manager Riau Pos Event Management, Senin (16/4) siang.
 
Dikatakan Hasbi, beberapa negara yang dipastikan hadir pada acara yang akan dibuka oleh Gubernur Riau HM Rusli Zainal diantaranya Malaysia, Singapura, Thailand serta Philipina. Adapun provinsi yang ikut ambil bagian, pada umumnya berasal dari wilayah Sumatera.
 
Beberapa aspek yang akan dibahas pada pertemuan yang dibagi pada beberapa kegiatan itu, diantaranya berkaitan dengan memartabatkan warisan budaya Melayu serumpun yang akan diisi oleh Ketua pendiri Tenas Effendy Foundation, Prof Dato Dr Abdul Latif Abubakar dan Prof Dr Dorojatun Kuncarajakti.
 
Selain itu, pada sesi kedua, akan dibahas tema kerja sama penyelidikan Melayu serumpun. Bertindak sebagai pembicara diantaranya Prof Madya Datuk Zainal Abidin Burhan dari APM University Malaya, Prof Dr Ashaluddin Jalil, Rektor Universitas Riau serta Prof Dato Dr Syamsul Amri Bahruddin dari University Kebangsaan Malaysia.
 
Untuk tema peran NGO dalam memartabatkan tamadun Melayu serumpun, akan hadir Tan Sri Prof Emertius Ismail Husein dari Malaysia, T Arifin Cik, Thailand, Rida K Liamsi, Indonesia serta H Zulkifli dari Singapura.
 
Selain itu, seminar juga akan membahas peran perempuan dalam memartabatkan Melayu serumpun yang akan diisi oleh beberapa tokoh wanita seperti Hj Septina Primawati Rusli, Prof Azizan Baharuddin dari University Malaya, Syarifah Noohayati serta tokoh perempuan nasional dan Marwah Daud Ibrahim.
 
Adapun untuk kelompok intelektual muda Melayu akan menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Ketua DPRD Riau drh H Chaidir MM, Prof Abdullah Zakaria H Gazali dari University Malaya, Datuk Khairi Djamaluddin dari pemuda UMNO.
 
Sesi ini juga akan dibagi lagi untuk pembahasan sosio budaya Melayu yang akan menghadirkan pembicara seperti Prof Madya Dr Muchtar Abu Hasan dari APM UM, Drs Al Azhar MA mewakili Bandar Serai Foundation, Mohd Zafri Zain dari University Brunai Darussalam serta Dr Abu Hasan Hasbullah dari University Malaya.
 
Kegiatan yang baru pertama sekali dilaksanakan oleh Tenas Effendy Foundation ini, juga akan diramaikan dengan beberapa agenda lainnya. Seperti pameran kebudayaan termasuk buku dari negara dan daerah yang mempunyai latar belakang kehidupan masyarakat Melayu dengan tujuan mendorong masyarakat untuk berpikir  produktif dan mempunyai etos kerja yang baik yang menghasilkan produksi secara nyata dan empirik. Sehingga masyarakat Melayu pun bisa melakukan perubahan terhadap dunia dengan berpikir secara budaya. (bud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: